Pembinaan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum)

Jumat, 13 Mei 2016, 17:09:05 WIB - 323 View
Share
Pembinaan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum)

Singkawang, Persamaan hak setiap warga negara di depan hukum belum sepenuhnya disadari oleh masyarakat khususnya di Singkawang. Beberapa faktor yang cukup signifikan memberi pengaruh terhadap tingkat kesadaran hukum masyarakat tersebut, seperti belum optimalnya pelaksanaan sosialisasi mengenai berbagai ketentuan hukum, bervariasinya latar belakang sosial budaya, sosial ekonomi dan tingkat pendidikan masyarakat yang tentunya berimplikasi juga pada tingkat pemahaman dan ketaatan terhadap satu ketentuan hukum. Fakta juga menunjukkan perkembangan masyarakat berjalan lebih cepat dari pada kelahiran sebuah produk hukum.

 

Untuk memgantisipasi berbagai kondisi riil dalam masyarakat Singkawang tersebut, Pemerintah Kota Singkawang melalui Bagian Hukum dan Perundang-undangan Sekretariat Daerah yang bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat menggelar sosialisasi terhadap pembinaan keluarga sadar hukum (Kadarkum) bagi masyarakat Singkawang di Balairung kantor Walikota Singkawang hari ini Rabu (10 Mei 2016).

 

Staf Ahli Staf Ahli bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Pemerintah Kota Singkawang, Drs. Bujang Syukrie, M.Si, yang hadir mewakili Walikota Singkawang, menyampaikan  kegiatan ini seyogyanya dapat dijadikan sebagai wahana untuk memperluas pengetahuan dan wawasan dibidang hukum, sehingga terwujudnya partisipasi nyata dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara ini, serta tumbuh kembangkan komunikasi dengan semua pihak, khususnya dengan aparatur pemerintah sehingga setiap perkembangan pembangunan dibidang hukum dapat ikuti untuk selanjutnya diterapkan di masyarakat, katanya diawal sambutannya.

 

Kami berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya agar ilmu yang diberikan para pembicara dapat diaktualisasikan dengan baik dan mari kita jadikan Kota Singkawang aman dan nyaman sehingga investor masuk dan kita bisa menikmati pembangunan Kota Singkawang seutuhnya”, tambahnya lagi.

 

Issu yang diangkat temu pembinaan keluarga sadar hukum tersebut adalah tanggung jawab bersama dalam rangka menciptakan ketertiban, kenyamanan dan penegakan supremasi hukum di Kota Singkawang.

 

Kepala Bagian Hukum dan Perundang-undangan Yasmalizar, S.H. sebagai koordinator penyelenggara menegaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat Kota Singkawang tentang aturan hukum yang terbaru serta turunannya sehingga diharapkan adanya peningkatan kesadaran hukum menuju tercapainya visi misi Kota Singkawang Aman, Nyaman, Maju dan Sejahtera Berbasis Jasa, Perdagangan dan Angro Industri, katanya sebelum acara dimulai. Sementara fokus penyuluhan dan diskusi interaktif tersebut terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Kelompok Keluarga Sadar Hukum dilingkungan Pemerintah Kota Singkawang.

 

Acara yang digelar selama satu hari tersebut diisi para nara sumber dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat antara lain Ibu Rini Setiawati, S.H.,M.H. sebagai Narasumber 1 dan Ibu Dini Ardianti, S.H. sebagai Narasumber 2. Jumlah Peserta yang mengikuti kegiatan tersebu sebanyak 90 orang, sangat antusis dari awal sampai akhir acar.

 

JDIH Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional yang selanjutnya disingkat JDIH adalah adalah wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu dan berkesinambungan, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah, dan cepat, yang beranggotakan instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan lembaga lain yang bergerak di bidang pengembangan dokumentasi dan informasi hukum.
© 2018 JDIH Kota Singkawang Follow Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kota Singkawang : Facebook Twitter Linked Youtube