Bimbingan Teknis Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Provinsi Kalbar Tahun 2016

Rabu, 23 Mar 2016, 22:28:04 WIB - 320 View
Share
Bimbingan Teknis Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Provinsi Kalbar Tahun 2016

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Biro Hukum Sekretariat Daerah, melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 - 24 Maret 2016, bertempat di Hotel Best Western Pontianak. Adapun tujuan dari kegiatan Bintek JDIH adalah untuk mempercepat proses penyusunan, pendokumentasian dan penyampaian informasi produk hukum daerah dan mengembangkan kerjasama antara pusat jaringan dan anggota jaringan sehingga tercipta pengelolaan dokumentasi dan informasi yang efektif, lengkap dan akurat, serta dengan tema kegiatan adalah melalui Aplikasi E-Legal Drafting dalam proses penyusunan produk hukum daerah kita tingkatkan peranan dan fungsi JDIH.

Peserta Bintek JDIH adalah pengelola JDIH di Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat dengan jumlah peserta lebih kurang 50 orang. Selain peserta kegiatan juga dihadiri oleh Asisten I Setda Prov Kalbar, Kepala Biro Hukum Setda Prov Kalbar, Kepala Bagian Dokumentasi dan Informasi Hukum Setda Prov Kalbar, Narasumber dari BPHN dan Narasumber dari Biro Hukum Setjen Kemendagri.

Kegiatan Bintek JDIH dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat yang dalam hal ini diwakili oleh asisten I dan dilanjutkan dengan Paparan “Pengembangan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum” oleh Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Bachtiar M.Si.

Adapun Materi Bintek JDIH antara lain Peranan JDIH dalam pembangunan Hukum di Provinsi Kalimantan Barat dengan narasumber dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Bapak Tata Mantirri, SH, MH materi yang kedua Tata cara penyusunan dan perancangan produk hukum daerah sebagai tindak lanjut Permendagri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah dengan narasumber Biro Hukum Kementerian Dalam Negeri, Bapak Belly Isnaeni, SH, MH, dan materi yang ketiga Aplikasi E-Legal Drafting dalam proses penyusunan produk hukum daerah Provinsi Kalimanatan Barat Tahun 2016, dengan narasumber Konsultan IT Biro Hukum Bapak Dhanny Perdana, S.Kom.

JDIH Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional yang selanjutnya disingkat JDIH adalah adalah wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu dan berkesinambungan, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah, dan cepat, yang beranggotakan instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan lembaga lain yang bergerak di bidang pengembangan dokumentasi dan informasi hukum.
© 2018 JDIH Kota Singkawang Follow Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kota Singkawang : Facebook Twitter Linked Youtube